Keep Healthy and Say Goodbye to Cancer”

Karena Kanker Pasti Dapat Dicegah! Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi?!

Badan Semi Otonom Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker (Kompak) merupakan ‘organisasi peduli’ yang bergerak di bidang pencegahan kanker dalam usaha penurunan morbiditas serta mortalitas kanker melalui peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai kanker.

Komunitas ini lahir dengan riwayat sejarah yang cukup panjang. Awalnya pada tahun 2000 terjadi peningkatan insiden kanker yang cukup signifikan di Rumah Sakit Sanglah, yaitu 90%-nya ditemukan pada stadium lanjut. Oleh karena itu melalui bimbingan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. IB Tjakra Wibawa Manuaba, MPH, Sp.B(K)Onk, FinaCS bekerjasama dengan divisi Pengabdian Masyarakat BEM FK Unud saat itu dibentuklah sebuah komunitas peduli kanker, tepatnya pada Oktober 2005. Setelah mengalami perjuangan yang cukup panjang, komunitas ini diakui sebagai sebuah Badan Semi Otonom pada Musyawarah Mahasiswa (Musma) tanggal 19 Desember 2009. Sehingga sampai sekarang tanggal diakuinya KOMPAK sebagai sebuah BSO dijadikan hari lahirnya BSO Kompak.

Sebagai pondasi organisasi, BSO Kompak memiliki suatu dasar berupa Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD & ART), dimana di dalamnya tercantum segala hal mulai dari visi dan misi organisasi, tujuan, fungsi, arti lambang, tata cara pelantikan anggota serta pengurus, dewan penasehat, dewan pembina, dan sebagainya.

Visi BSO Kompak

Meningkatkan wawasan serta pengetahuan mahasiswa di lingkungan Universitas Udayana pada khususnya dan masyarakat pada umumnya tentang kanker dalam rangka membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk dapat melakukan pencegahan dan deteksi dini terhadap kanker.

 

Misi BSO Kompak

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama anggota BSO Kompak FK Unud melalui latihan dasar dan kegiatan lain yang diadakan BSO Kompak FK Unud.
  2. Mengembangkan kreativitas anggota BSO Kompak FK Unud di berbagai bidang dan mengaitkannya dengan usaha pencegahan dan deteksi dini kanker.
  3. Menyebarluaskan informasi terbaru tentang kanker melalui berbagai media.
  4. Mengusahakan agar anggota BSO Kompak FK Unud dapat mengembangkan diri dalam organisasi dan mengembangkan organisasi BSO Kompak FK Unud agar semakin kuat eksistensinya di lingkungan Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, dan masyarakat luas.

Berita Terbaru dari KOMPAK FK Unud:

  • Mari Kenali Glioblastoma Lebih Lanjut serta Tantangan Medis dalam Pengobatannya 03/07/2024
    Mari Kenali Glioblastoma Lebih Lanjut serta Tantangan Medis dalam Pengobatannya Glioblastoma merupakan jenis kanker yang terjadi di otak ataupun pada sumsum tulang belakang yang bersifat agresif serta mematikan. Glioblastoma ini berasal dari sel glial yang mengalami tahap onkogenesis dan berfungsi untuk menunjang sel saraf, seperti mendukung dan melindungi n […]
  • “BENARKAH PENGGUNAAN TABIR SURYA BISA MENYEBABKAN KANKER KULIT? MENGUPAS FAKTA SEBENARNYA” 01/06/2024
    “BENARKAH PENGGUNAAN TABIR SURYA BISA MENYEBABKAN KANKER KULIT? MENGUPAS FAKTA SEBENARNYA”   Paparan sinar matahari menghasilkan beberapa efek penting pada manusia seperti produksi vitamin D. Namun selain manfaat yang diberikan paparan radiasi ultraviolet (UV) juga dapat menyebabkan efek berbahaya seperti photoaging, eritema, dan fotokarsinogenesis. Tabir su […]
  • Mengungkap Misteri Kanker Paru-Paru: Ancaman Serius yang Mengintai Laki-Laki 01/05/2024
    Mengungkap Misteri Kanker Paru-Paru: Ancaman Serius yang Mengintai Laki-Laki   Kanker paru-paru merupakan suatu kondisi dimana organ paru-paru melemah sebagai akibat dari munculnya pertumbuhan sel yang ganas dan tidak terkendali. Kanker paru-paru termasuk salah satu jenis kanker yang umum dan mematikan di dunia. Berdasarkan data dari World Health Organizatio […]

Situs: http://kompak.fkunud.com/