“BE THE FIRST TO KNOW”

Lembaga Pers Mahasiswa Press and Cyber Community (LPM PCYCO) merupakan salah satu lembaga mahasiswa yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Berawal dari sekelompok  orang  yang memiliki ketertarikan yang sama dalam bidang jurnalistik, cikal-bakal PCYCO terbentuk di bawah naungan BEM. Baru pada 10 November 2006 PCYCO diresmikan menjadi sebuah lembaga pers mahasiswa yang independen. Sebelumnya PCYCO hanya bergelut di bidang tulis-menulis. Akan tetapi, setelah menjadi sebuah lembaga independen, PCYCO mulai merambah ke dunia maya, desain, fotografi, dan pemasaran. Pada Januari 2007, untuk pertama kalinya PCYCO mempersembahkan hasil karyanya berupa sebuah majalah sederhana, prototype, untuk majalah-majalah produksi PCYCO edisi selanjutnya.

Sampai saat ini LPM PCYCO memiliki empat produk utama, yaitu Majalah Injeksi, Injeksi Post, website injeksionline.com dan website bemfkunud.com. Majalah Injeksi terbit setiap dua bulan sekali, yaitu pada bulan-bulan genap, dalam kemasan setebal 20 halaman yang memuat berbagai informasi seputaran FK Unud. Sirkulasinya tidak hanya terbatas pada civitas akademika yang beraktivitas di lingkungan kampus FK Unud saja, tetapi juga sampai ke Rumah Sakit Sanglah sebagai rumah sakit pendidikan kita. Kemudian secara insidental, LPM PCYCO menerbitkan Injeksi Post dalam bentuk poster. Tujuannya untuk menginfokan kegiatan-kegiatan penting yang harus segera diinfokan kepada seluruh mahasiswa FK Unud. Yang terakhir, website injeksionline.com yang merupakan salah satu produk LPM PCYCO yang bisa diakses oleh masyarakat umum di luar lingkungan FK Unud yang bertemakan berita kesehatan online.

Saat awal berdirinya, LPM PCYCO hanya terdiri dari sekitar 15 orang. Namun kini pada periode kepengurusan tahun 2012, terdapat 77 mahasiswa FK Unud yang tergabung aktif. Susunan kepengurusan LPM PCYCO terdiri atas Pengurus Inti, Staf Senior, dan lima divisi, yaitu Divisi Injeksi, Divisi Teknologi Informasi, Divisi Desain dan Percetakan, Divisi Fotografi, serta Divisi Pemasaran dan Pengembangan Organisasi. LPM PCYCO saat ini juga sudah tergabung dalam Badan Pers Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (BPN-ISMKI).

Divisi Injeksi

Divisi ini terdiri dari satu orang pemimpin redaksi, tiga orang editor, beberapa redaktur injeksi, injeksi post, maupun injeksi online, serta staff redaksi. Divisi inilah yang memegang tugas mulai dari penyusunan konsep berita, mencari narasumber, serta menulis dan menyunting untuk dimuat dalam berbagai produk LPM PCYCO. Seluruh berita hasil karya divisi Injeksi ini dimuat baik dalam Majalah Injeksi, Injekesi Post, hingga Injeksi Online.

Selain bertanggung jawab dalam hal tulis-menulis berita, salah satu program rutin yang dilaksanakan oleh Divisi Injeksi adalah perekrutan anggota baru melalui kegiatan Klinik Jurnalistik (Klitik). Dalam kegiatan ini, setiap mahasiswa FK Unud yang memiliki minat di bidang jurnalistik dan ingin bergabung dengan LPM PCYCO akan mendapatkan pelatihan mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan dunia jurnalistik dan penerbitan. Selain mendapatkan pemberian materi tentang cara dan teknik menulis berita, peserta Klitik juga akan diberikan pelatihan dasar-dasar desain (layouting), website, fotografi, dan broadcasting.

Divisi Desain dan Percetakan

Divisi desain dan percetakan beranggotakan sebelas orang dengan satu orang kepala divisi. Divisi desain dan percetakan bertanggung jawab terhadap penyusunan desain dan perwajahan majalah injeksi dan injeksi Post yang siap cetak agar menarik untuk dibaca. Setiap tahun perwajahan majalah injeksi selalu berkembang berkat kreativitas yang tak kenal lelah dari divisi ini. Merekalah yang membuktikan bahwa dunia jurnalistik tidak hanya berkutat pada bidang tulis-menulis saja. Desain yang cantik disertai penyajian foto-foto yang apik juga merupakan faktor penting bagi kenyamanan pembaca dalam menyimak isi berita.

Divisi Teknologi Informasi

Seluruh staf yang tergabung dalam divisi ini merupakan motor penggerak yang bertanggung jawab dalam maintenance website fkunud.com, bemfkunud.com, dan injeksionline.com. Kesemua website ini memuat berbagai informasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat umum yang ingin mengenal FK Unud lebih jauh, terutama aktivitas kemahasiswaannya. Dalam website portal fkunud.com ini terdapat profil berbagai organisasi dan lembaga mahasiswa. Dalam website bemfkunud.com  terdapat berbagai pengumuman event besar yang dilaksanakan di lingkungan FK Unud. Bemfkunud.com sekarang sudah dikelola oleh pihak BEM FK Unud, tetapi LPM PCYCO tetap bertanggung jawab dalam hal maintenance. Website injeksionline.com adalah website yang dikelola penuh oleh LPM PCYCO, memuat berbagai berita FK Unud dan berita kesehatan yang wajib dibaca oleh mahasiswa kedokteran maupun masyarakat umum yang ingin tahu lebih banyak tentang dunia kesehatan dan FK Unud.

Divisi Fotografi

Divisi ini beranggotakan enam orang dengan satu kepala divisi yang bertanggung jawab untuk mengabadikan berbagai momen yang terjadi di lingkungan FK Unud yang nantinya dapat dijadikan berita dalam Injeksi, Injeksi Post, dan Injeksi Online. Tugas penting dalam divisi ini adalah untuk mendukung Divisi Injeksi dan Injeksi Post dalam pengadaan foto-foto kegiatan yang diperlukan. Mulai kepengurusan tahun 2012, cover majalah injeksi secara original adalah hasil karya dari divisi fotografi LPM PCYCO FK Unud.

Divisi Pemasaran dan Pengembangan Organisasi

Divisi terakhir ini bertanggung jawab dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang bermanfaat untuk pengembangan kualitas organisasi, baik dari segi sumber daya manusianya maupun dari segi finansial (periklanan). Saat ini LPM PCYCO sudah menjalin kerja sama dengan salah satu radio di Bali untuk mengisi program dialog interaktif kesehatan. Acara diformat dalam bentuk talkshow interaktif dengan menghadirkan seorang narasumber, biasanya seorang dokter ataupun praktisi kesehatan lain, dan dipandu oleh beberapa orang staf LPM PCYCO secara bergiliran. Dengan kerjasama ini, LPM PCYCO juga mulai memasuki dunia jurnalistik dalam media elektronik khususnya radio. Selain itu, salah satu program tahunan yang berada di bawah divisi ini adalah penyelenggaraan acara Pekan Jurnalistik, yakni berupa workshop jurnalistik serta lomba pembuatan majalah injeksi untuk siswa SMP dan SMA.

Dari pemaparan di atas dapat dilihat bahwa aktivitas jurnalistik yang diwadahi oleh LPM PCYCO sangatlah luas. Tidak hanya berkutat di bidang tulis-menulis, LPM PCYCO juga menyediakan lahan kreativitas yang luas bagi rekan-rekan mahasiswa yang memiliki bakat dan minat di bidang desain, fotografi, website, dan broadcasting. Kami menunggu kehadiran rekan-rekan untuk bergabung dalam keluarga besar LPM PCYCO untuk mengembangkan kualitas lembaga ini di tahun-tahun mendatang.


Berita Terbaru dari LPM PCYCO FK Unud:

  • Daun Mint, si Hijau yang Kaya Manfaat 10/09/2018
      Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan daun mint? Yaps! Tumbuhan ini dikenal dengan sensasi dinginnya. Daun ini biasanya digunakan sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman. Selain itu, daun mint juga baik untuk kesehatan, lho. Ingin tahu apa saja manfaat dari daun ini? Simak informasinya di bawah ini ya! Mengurangi Bau Mulut Sudah tidak asing […]
  • Ternyata Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Setelah Gempa Bumi 13/08/2018
    Sering Merasa Pusing Pasca Gempa Bumi (alamsehat.com)             Akhir-akhir ini gempa bumi yang berkali-kali menimpa Lombok ternyata berimbas juga pada kota Denpasar dan sekitarnya. Ini menyebabkan tak sedikit masyarakat yang kerap kali seakan-akan merasakan getaran padahal sebenarnya tidak ada gempa. Nah, sensasi dunia terasa bergoyang atau merasa pusing […]
  • DIET SEHAT DENGAN BERAS HITAM YANG KAYA AKAN MANFAAT 22/07/2018
    Apa sih beras hitam itu? Beras ketan? Kok namanya aneh? Pasti dari kalian banyak yang belum mengetahui tentang beras hitam, dan banyak juga yang mengira jika beras hitam itu adalah beras ketan. Kali ini, kami akan membahas berbagai manfaat beras hitam. Selain bagus bagi yang ingin diet, beras hitam juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja itu? Yuk, […]

Situs: injeksionline.com