Keep Healthy and Say Goodbye to Cancer”

Karena Kanker Pasti Dapat Dicegah! Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi?!

Badan Semi Otonom Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker (Kompak) merupakan ‘organisasi peduli’ yang bergerak di bidang pencegahan kanker dalam usaha penurunan morbiditas serta mortalitas kanker melalui peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai kanker.

Komunitas ini lahir dengan riwayat sejarah yang cukup panjang. Awalnya pada tahun 2000 terjadi peningkatan insiden kanker yang cukup signifikan di Rumah Sakit Sanglah, yaitu 90%-nya ditemukan pada stadium lanjut. Oleh karena itu melalui bimbingan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. IB Tjakra Wibawa Manuaba, MPH, Sp.B(K)Onk, FinaCS bekerjasama dengan divisi Pengabdian Masyarakat BEM FK Unud saat itu dibentuklah sebuah komunitas peduli kanker, tepatnya pada Oktober 2005. Setelah mengalami perjuangan yang cukup panjang, komunitas ini diakui sebagai sebuah Badan Semi Otonom pada Musyawarah Mahasiswa (Musma) tanggal 19 Desember 2009. Sehingga sampai sekarang tanggal diakuinya KOMPAK sebagai sebuah BSO dijadikan hari lahirnya BSO Kompak.

Sebagai pondasi organisasi, BSO Kompak memiliki suatu dasar berupa Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD & ART), dimana di dalamnya tercantum segala hal mulai dari visi dan misi organisasi, tujuan, fungsi, arti lambang, tata cara pelantikan anggota serta pengurus, dewan penasehat, dewan pembina, dan sebagainya.

Visi BSO Kompak

Meningkatkan wawasan serta pengetahuan mahasiswa di lingkungan Universitas Udayana pada khususnya dan masyarakat pada umumnya tentang kanker dalam rangka membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk dapat melakukan pencegahan dan deteksi dini terhadap kanker.

 

Misi BSO Kompak

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama anggota BSO Kompak FK Unud melalui latihan dasar dan kegiatan lain yang diadakan BSO Kompak FK Unud.
  2. Mengembangkan kreativitas anggota BSO Kompak FK Unud di berbagai bidang dan mengaitkannya dengan usaha pencegahan dan deteksi dini kanker.
  3. Menyebarluaskan informasi terbaru tentang kanker melalui berbagai media.
  4. Mengusahakan agar anggota BSO Kompak FK Unud dapat mengembangkan diri dalam organisasi dan mengembangkan organisasi BSO Kompak FK Unud agar semakin kuat eksistensinya di lingkungan Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, dan masyarakat luas.

Berita Terbaru dari KOMPAK FK Unud:

  • Kekeliruan Persepsi Masyarakat Mengenai Kemoterapi 03/12/2018
    Kemoterapi Artikel Edisi Awal Desember STAFF PENELITIAN KOMPAK FK UNUD Kemoterapi adalah penggunaan obat jenis apapun untuk menyembuhkan penyakit apapun, namun saat ini kemoterapi sering diartikan sebagai obat-obatan yang digunakan pada pengobatan kanker. Pada penderita kanker, terjadi proliferasi sel abnormal yang berlebihan dan cepat serta dapat menyebar k […]
  • Benarkah Donor Sumsum Tulang untuk Pengobatan Limfoma Hanya Bisa dari Saudara Kandung? 26/11/2018
    Limfoma Artikel Edisi Akhir November STAFF PENELITIAN KOMPAK FK UNUD Limfoma merupakan salah satu kanker dengan prevalensi yang tinggi di Indonesia. Prevalensi limfoma non-Hodgkin mencapai 35.490 kasus dalam lima tahun terakhir, dengan 14.164 kasus baru di tahun 2018 dan 7.565 kematian, yang menempatkannya di urutan ke tujuh kanker terbanyak di Indonesia. Se […]
  • Limfoma dan Lipoma itu Sama atau Tidak? 01/11/2018
    Limfoma Artikel Edisi November STAFF PENELITIAN KOMPAK FK UNUD Meskipun terdengar sama baik dari pengucapan maupun penulisannya, ternyata limfoma dan lipoma adalah dua jenis penyakit yang memiliki perbedaan yang cukup jauh. Limfoma adalah sekumpulan keganasan primer pada kelenjar getah bening dan jaringan limfoid. Limfoma sendiri dibagi menjadi dua yaitu lim […]

Situs: http://kompak.fkunud.com/