Keep Healthy and Say Goodbye to Cancer”

Karena Kanker Pasti Dapat Dicegah! Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi?!

Badan Semi Otonom Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker (Kompak) merupakan ‘organisasi peduli’ yang bergerak di bidang pencegahan kanker dalam usaha penurunan morbiditas serta mortalitas kanker melalui peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai kanker.

Komunitas ini lahir dengan riwayat sejarah yang cukup panjang. Awalnya pada tahun 2000 terjadi peningkatan insiden kanker yang cukup signifikan di Rumah Sakit Sanglah, yaitu 90%-nya ditemukan pada stadium lanjut. Oleh karena itu melalui bimbingan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. IB Tjakra Wibawa Manuaba, MPH, Sp.B(K)Onk, FinaCS bekerjasama dengan divisi Pengabdian Masyarakat BEM FK Unud saat itu dibentuklah sebuah komunitas peduli kanker, tepatnya pada Oktober 2005. Setelah mengalami perjuangan yang cukup panjang, komunitas ini diakui sebagai sebuah Badan Semi Otonom pada Musyawarah Mahasiswa (Musma) tanggal 19 Desember 2009. Sehingga sampai sekarang tanggal diakuinya KOMPAK sebagai sebuah BSO dijadikan hari lahirnya BSO Kompak.

Sebagai pondasi organisasi, BSO Kompak memiliki suatu dasar berupa Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD & ART), dimana di dalamnya tercantum segala hal mulai dari visi dan misi organisasi, tujuan, fungsi, arti lambang, tata cara pelantikan anggota serta pengurus, dewan penasehat, dewan pembina, dan sebagainya.

Visi BSO Kompak

Meningkatkan wawasan serta pengetahuan mahasiswa di lingkungan Universitas Udayana pada khususnya dan masyarakat pada umumnya tentang kanker dalam rangka membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk dapat melakukan pencegahan dan deteksi dini terhadap kanker.

 

Misi BSO Kompak

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama anggota BSO Kompak FK Unud melalui latihan dasar dan kegiatan lain yang diadakan BSO Kompak FK Unud.
  2. Mengembangkan kreativitas anggota BSO Kompak FK Unud di berbagai bidang dan mengaitkannya dengan usaha pencegahan dan deteksi dini kanker.
  3. Menyebarluaskan informasi terbaru tentang kanker melalui berbagai media.
  4. Mengusahakan agar anggota BSO Kompak FK Unud dapat mengembangkan diri dalam organisasi dan mengembangkan organisasi BSO Kompak FK Unud agar semakin kuat eksistensinya di lingkungan Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, dan masyarakat luas.

Berita Terbaru dari KOMPAK FK Unud:

  • EFEKTIVITAS VAKSINASI HPV PADA ANAK SEKOLAH DASAR TERHADAP KANKER SERVIKS 30/04/2022
      Efektivitas Vaksinasi HPV pada Anak Sekolah Dasar terhadap Kanker Serviks Penulis : Wanda Pebriana Koran-Jakarta.com Beberapa hari yang lalu, muncul sebuah kabar yang menyebutkan program vaksinasi HPV ditargetkan untuk anak SD kelas 5 dan 6 akan berlaku secara nasional pada tahun 2023-2024. Apakah ini aman? Kanker serviks merupakan satu-satunya jenis kanke […]
  • 𝐇𝐀𝐒𝐈𝐋 𝐎𝐏𝐄𝐍 𝐑𝐄𝐂𝐑𝐔𝐈𝐓𝐌𝐄𝐍𝐓 𝐏𝐀𝐍𝐈𝐓𝐈𝐀 𝐌𝐔𝐒𝐀𝐍𝐆 𝐊𝐎𝐌𝐏𝐀𝐊 𝟐𝟎𝟐𝟐 16/04/2022
    ✨[𝐇𝐀𝐒𝐈𝐋 𝐎𝐏𝐄𝐍 𝐑𝐄𝐂𝐑𝐔𝐈𝐓𝐌𝐄𝐍𝐓 𝐏𝐀𝐍𝐈𝐓𝐈𝐀 𝐌𝐔𝐒𝐀𝐍𝐆 𝐊𝐎𝐌𝐏𝐀𝐊 𝟐𝟎𝟐𝟐]✨ Halo rekan-rekan AI Kompak 2020 dan AM Kompak 2021👋🤗 Semoga dalam keadaan sehat selalu yaa✨ Kita telah melewati masa open recruitment panitia Musang Kompak 2022 pada tanggal 9-15 April lalu. Pasti pada penasaran kan gimana hasilnya?🤔 Yaps, ini dia hasil open recuitment panitia Musang Kompak 2022 yang dapa […]
  • Kanker Pankreas dan Mesothelin Sebagai Biomarker Deteksinya 15/04/2022
    Kanker Pankreas dan Mesothelin Sebagai Biomarker Deteksinya Penulis : Felisia Jika menonton drama Thirty Nine, digambarkan seorang tokoh didiagnosis dengan kanker pankreas stadium 4. Sebenarnya, apa sih kanker pankreas itu? Kanker pankreas merupakan jenis kanker yang diposisikan sebagai penyebab utama ketujuh kematian akibat kanker di seluruh dunia (1). Di A […]

Situs: http://kompak.fkunud.com/